Selasa, 15 Februari 2011

materi kelas 9 WEB BROWSER

WEB BROWSER
Penjelajah web (Inggris: web browser), disebut juga peramban, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.

Penjelajah web pertama kali berbasis teks, seperti halnya Lynx yang populer hingga sekarang, karena memang sistem dengan antarmuka grafis belum umum digunakan pada saat itu. Baru setelah sistem berbasis grafis mulai banyak digunakan, seorang mahasiswa bernama Marc Andressen di University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, membuat sebuah penjelajah web berbasis grafis pertama yang berjalan di atas sistem operasi Windows dan UNIX (berbasis Motif). Penjelajah web tersebut dinamai Mosaic.

Microsoft, yang terlambat turun di pasar penjelajah web, pun membeli lisensi Mosaic dari Spyglass, sehingga pada akhirnya merilis produk penjelajah web-nya, yang disebut sebagai Internet Explorer. Dengan dirilisnya Internet Explorer, muncullah perang besar antara web browser populer, yakni antara Netscape Navigator, dan Microsoft Internet Explorer.




Keterangan gambar pada toolbar

1. back digunakan untuk kembali kehalaman website yang dibuka sebelumnya.
2. Forward digunakan untuk kembali ke alamat berikutnya yang pernah dibuka.
3. Stop digunakan untuk menghentkan proses menampilkan halaman website.
4. Refresh digunakan untuk mengulangi proses membuka sebuah website
5. Home digunakan untuk kembali ke halaman yang pertama dibuka
6. Search digunakan untuk menampilkan jendela pencarian
7. Favorite digunakan untuk menyimpan alamat web yang sering dikunjungi
8. Media digunakan untuk menampilkan website yang berhubungan dengan multimedia
9. History digunakan untuk menampilkan jendela website yang berisi alamat web yang pernah dibuka.
10. Email digunakan untuk membaca email atau berita
11. Print digunakan untuk mencetak halaman web yang sedang dibuka.

Bagian bagian pada Web Browser
Pada dasarnya Menumenu yang ada pada web browser diatas sama kegunaanya Cuma perbedaanya adalah letak menu menu tersebut .antara webrowser yang satu dengan lainya.

Title Bar



Title bar adalah baris judul yang terdapat pada bagian paling atas sebuah web browser.
Title bar akan menampilkan judul sebuah website yang sedang dibuka. Dan pada bagian sebelah kanan title bar terdapat 3 menu untuk mengatur jendela browser yaitu: minimize, restore dan Close.

Menu Bar
Yaitu menu menu yang terdapat dibagian atas web browser yang berupa tulisan yang dapat di klik menggunakan mouse untuk membuka menu tersebut.
Contoh pada Internet Explorer ada menu bar :FILE-EDIT-VIEW-FAVORITE-TOOLS-HELP.

Tool Bar
Yaitu menu menu yang berupa gambar gambar kecil yang bergambar tombol tertentu ,untuk menjalankanya dengan mengeklikmouse pada gambar tersebut.

Address Bar
Yaitu Tempat untuk mengetikan alamat internet yang akan dibuka.

Status Bar
Yaitu tempat dibagian bawah browser untuk menampilkan proses yang sedang dijalankan browser pada saat membuka alamat internet.


Favorite
Adalah menu yang digunakan untuk menyimpan alamat web yang sering dikunjungi.

History
Adalah tampilan alamat alamat website yang pernah dikunjungi dalam waktu tertentu misalnya satu minggu yang lalu, atau satu bulan yang lalu.

Install Add ons
Yaitu menu yang digunakan untuk halaman web yang mengijinkan alamat web untuk menginstal program tertentu di browser kita.

Popup blocker
Yaitu menu pada browser yang digunakan untuk memblokir atau mengijinkan web tertentu agar dapat dibuka pada browser yang kita gunakan .

Cookies
Adalah tempat penyimpanan file file pada web browser yang pernah dibuka,cookies harus sering dihapus karena jika tidak dapat mengurangi kapasitas disk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar