Rabu, 16 Februari 2011

Materi Kelas 8 MENGATUR TAMPILAN JENDELA EXCEL


1. Dari Kontrol Windows (Minimize, Restore dan Exit) pada Tittle bar.
Coba klik tombol yang kiri (Minimize)...

OOpss… Layar Excelnya hilang dari layar, kan?
Jangan kuatir, guys… hanya ngumpet eh, sembunyi dari layar, kok.Untuk memunculkannya kembali, coba kamu perhatikan deretan Taskbar dan Start Menu di bawah layar.Klik saja tab Microsoft Excel di bagian Taskbar., maka Layar Excel akan muncul kembali di Layar Monitormu!Jadi, Tab ini berfungsi sebagai Toggle atau Switch (=tombol saklar), kan?.Klik sekali, on atau muncul di layar, jika di klik lagi, akan off atau hilang dari layar…
Sekarang, Klik tombol yang tengah (Restore)
Apa yang terjadi?
Layar mengecil. (Sorry... langsung dijawab!)
Untuk mengembalikan ke tampilan semula, klik tombol (Maximize)
Kalau tombol yang ini paling kanan, (Exit atau Close), fungsinya untuk mengeluarkan atau menutup program Excel, apabila sudah tidak lagi dipergunakan. Jadi, jangan di klik sekarang, ya….


2. Dengan meng-klik 2x (Double click) Tittle Bar atau Bar Judul.
Pada saat layar penuh, jika kita klik dua kali (double click) Tittle Bar, maka Layar Excel akan mengecil, hal ini sama saja dengan meng-klik tombol Restore pada control window, kan?
Sedangkan kalau kita double klik kembali, maka Layar akan kembali membesar sepenuh layer. Hal ini sama saja dengan kalau kita meng-klik tombol Maximize pada saat layar Excel mengecil.


3. Dengan menggunakan Logo Excel
Coba klik Logo Excel yang ada pada Tittle Bar di sudut kana atas.
Kamu bisa lihat, ada menu yang merupakan control window juga.
Jadi lewat Logo Excel pun , kalian dapat mengatur tampilan Jendela Microsot Excel.
Kamu punya cara lainnya?
Silakan tuliskan di bagian komentar, OK?
MENGATUR ZOOM LEMBAR KERJA


1. Perhatikan pada Toolbar Standar. Di sana terdapat sebuah ikon seperti ini.Ini namanya ikon Zoom, untuk mengatur perbesaran Layar Kerja Microsoft Excel.
Secara Default, biasanya Excel mengatur perbesaran pada 100%, tetapi apabila kamu ingin memperbesar atau memperkecil layarnya, tinggal klik tombol panah dropdown di sebelahnya, dan pilih angka perbesaran yang kamu inginkan, misalnya pilih 75% untuk memperkecil layar kerja Excel


bagaimana jika perbesaran (Zoom) yang kita ingin kan tidak ada pada pilihan? Misalnya kita ingin membuat perbesaran menjadi 88%
Klik saja menu dropdownnya, kemudian langsung ganti angka 100% dengan mengetikkan angka 88, kemudian tekan tombol Enter di keyboard.


2. Cara lain mengatur perbesaran, dari menu View.
- Klik menu View | pilih dan klik Zoom
- Kamu bisa memilih perbesaran yang diinginkan, yang terdapat pada pilihan.
- Tetapi jika pada pilihan yang tersedia tidak ada perbesaran yang diinginkna, klik pada pilihan Custom, dan ketik perbesaran yang kamu inginkan, misalnya ketik angka 88 pad kotak disebelah kanan Custom, jika ingin perbesaran sampai 88%.
- Lalu klik tombol OK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar