Rabu, 16 Februari 2011

Materi Kelas 8 Mengenal Sel, Baris, Kolom Dan Range


Pastikan Program Pengolah Angka Microsoft Excel seang kita jalankan. Jika belum, silakan klik tombol Start | All Program | ms.Office | Ms. Office Excel 2003 atau Start | Program | Microsoft Excel.
Pada saat pertama kali Workbook Excel dijalankan, Ms. Excel akan meng-aktifkan sebuah Worksheet atau lembar kerja dengan nama Sheet 1 (bisa di lihat di bar tab sheet di bawah, warna tab Sheet 1 berbeda dari dua sheet lainnya)Perhatikan Formula Bar!Pada kotak Name Cells, tertulis A1.
Perhatikan juga header column A dan header row 1, ternyata warnanya berbeda dengan header lainnya. Ini artinya
header tersebut merupakan header yang aktif tempat pointer dan kursor berada untuk memunculkan data.
Perhatikan juga kotak di bawah header column A dan di sebelah kanan header row 1, ternyata garis hitam di sekeliling kotaknnya berbeda dari kotak lainnya, lebih tebal, kan?
Ini berarti,
Kotak A1 yang merupakan pertemuan dari kolom A dan baris k-1 merupakan kotak yang sedang aktif, dimana nantinya apabila kita mengetikkan sebuah data, berupa angka atau huruf , maka akan muncul di kotak aktif ini.
Selanjutnya, kotak ini kita sebut Sel atau dalam bahasa aslinya Cells.
Kotak yang lain pun dinamakan sel.
Karena Sel merupakan pertemuan dari sebuah kolom dan sebuah baris.
Maka, kotak A1 tadi, seanjutnya, kita sebut sahja, Sel A1, yaitu sel yng merupakan pertemuan baris ke-1 dan kolom A.Untuk memindahkan Sel dari satu sel ke sel lainnya dalam lembar kerja, kita bisa menggunakan cara-cara berikut:
1. Dengan Tombol KeyboardContoh: Jika saat ini sel berada pada Sel A1, maka jika kamu tekan tombol panah ke kanan di keyboard, maka sel akan berpindah satu kotak ke sel A2.

2. Menggunakan Mouse.
Arahkan pointer mouse ke salah satu sel, misalnya, arahkan pointer mouse ke sel B3 yang merupakan pertemuan kolom B dan baris ke-3. lalu tepat di tengah-tengah kotak sel B3, klik (klik tombol kiri) mouse.
Maka sekarang, langsung berpindah ke sel B3.
Sebenarnya, banyak sekali cara-cara yang lain, bauk menggunakan tombol keyboard, kombinasi tombol keyboard, seperti menggunakan kombinasi tombol CTR atau Shift dengan panah, atau kombinasi tombol keyboard dengan mouse.
Insya Allah secara bertahap akan dijelaskan dalam posting berikutnya.... (kalau panjang umur, hehe....)
Tapi kalau kamu mau ikut menjelaskan cara-cara tersebut di sini... It's OK! Silakan tulis di komentar ya.....

Ohya...
Satu lagi, tentang Range.
Misalnya, Saya akan memblok atau menandai beberapa sel dengan mouse. dengan cara:
Klik mouse di sel B2, tarik (drag) hingga ke sel E2, lalu masih menahan mouse, tarik ke bawh hingga sel E8, kemudian lepaskan mouse, dan hasilnya seperti illusrasi berikut:Coba lihat wilayah, sorry, Area yang gelap dari mulai sel B3 sampai E8. Kalau kita perhatikan , area yang kita blok atau kita tandai tadi terdiri dari sekumpulan sel yang selanjutnya, kumpulan sel ini kita namakan Range.

Jadi... kesimpulannya....
Sel atau Cells, merupakan pertemuan antara kolom dan baris.
Kolom atau Column, merupakan lajur yang memanjang secara vertikal dari mulai header column sampai ke bawah, kalau tidak salah... (ya bener, lah..) ada sekitar 256 kolom dari kolom A,B,C,.... sampai kolom IV)
Baris, atau Row, merupakan lajur yang memanjang horisontal dari mulai kepala baris sampai kekanannya. Ada 65536 baris, loh...
Sedangkan Range, merupakan kumpulan dari beberapa sel.
Blok atau Mem-Blok, maksudnya, adalah menandai sesuatu sel, atau range, atau teks, untuk selanjutnya kita bisa melakukan apasaja sesuai maksud kita, misalnya mengubah huruf pada teks yang ditandai atau diblok, mewarnai huruf, memberi garis tabel, dan lain sebagainya.

(Dalam posting kali ini, saya menggunakan Microsoft Excel dalam Paket Microsoft Office XP dengan OS Windows Server 2003 Standar Edition Jadi mohon maaf kalau tampilannya agak berbeda dengan posting-posting Excel sebelumnya. Tapi... sama saja
kok.. cuma tampilannya agak 'jadul'... classic gitu...)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar